Saturday, January 23, 2016

Keistimewaan Sholat Jum'at


Mas Semut News – Kali ini Mas Semut akan berbicara tentang beberapa keistimewaan pada hari jum’at, ya memang bagi sebagian orang hari jum’at hanya dianggap sebagai hari biasa, Seperti hari-hari yang dilewati dalam satu minggu. Namun bagi umat Islam hari Jum’at adalah hari yang sangat mulia, karena pada hari itu terdapat keistimewaan yang tidak didapatkan di hari lain.

Hari Jum’at adalah sayyidul ayyam. Artinya hari Jum’at mempunyai keistemewaan dibandingkan hari lain. Jika nama-nama hari yang lain menunjukkan urutan angka “Dalam Bahasa Arab”  (Ahad artinya hari Pertama, Itsnain atau Senin adalah hari Kedua, Tsulatsa atau Selasa adalah hari Ketiga, Arbi’a atau Rabu adalah hari Keempat dan Khamis atau Kamis adalah hari Kelima), Maka Jum’at adalah jumlah dari kesemuanya.

Menurut sebagian riwayat kata Jum’at diambil dari kata jama’a yang artinya berkumpul. Yaitu hari perjumpaan atau hari bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa di Jabal Rahmah. Kata Jum’at juga bisa diartikan sebagai waktu berkumpulnya umat muslim untuk melaksanakan kebaikan.

Salah satu bukti keistimewaan hari Jum’at adalah disyariatkannya sholat Jum’at. Yaitu shalat dhuhur berjamaah pada hari Jum’at. Atau Kadang Kita sebuat dengan “Jum’tan”. Bahkan mandinya hari Jum’at pun mengandung unsur ibadah, karena hukumnya sunnah.

Dalam Al-Hawi Kabir karya al-Mawardi, Imam Syafi’i menjelaskan sunnahnya mandi pada hari Jum’at. Meskipun sholat Jum’at dilaksanakan pada waktu sholat dhuhur, namun mandi Jum’at boleh dilakukan semenjak dini hari, setelah terbit fajar. Salah satu hadits menerangkan bahwa siapa yang mandi pada hari Jum’at dan mendengarkan khutbah Jum’at, maka Allah akan mengampuni dosa di antara dua Jum’at.
Oleh karena itu, baiknya kita selalu menyertakan niat setiap mandi di pagi hari Jum’at. Karena hal itu akan memberikan nilai ibadah pada mandi kita. Inilah yang membedakan mandi di pagi hari Jum’at dengan mandi-mandi yang lain.

Dan inilah beberapa keutamaan dan keistimewaan pada Sholat Jum’at :

Do’a Kita Di Ijabah

Saat kita melaksanakan Sholat Jum’at dengan niat dan sungguh – sungguh maka insyaallah do’a kita akan di ijabah oleh Allah, namun bukan berarti hari dan ibadah lain do’a tidak di ijabah namun, pada hari jum’at banyak sekali keistimewaan pada hari setelah Kamis ini.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

إن في الجمعة ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلى يسأل الله شيئا إلا أعطاه إياه

Artinya : ”Sesungguhnya di dalam hari Jum’at ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya (hari Jum’at) sedangkan ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Alloh, melainkan akan Alloh berikan padanya.” (Muttafaq ’alaihi)

Ibnul Qayyim berkata setelah menyebutkan adanya perselisihan tentang penentuan spesifikasi waktu ini, ”Pendapat-pendapat yang paling rajih (kuat) adalah dua pendapat yang keduanya terkandung di dalam sebuah hadits yang tsabit (shahih). Yaitu, Pendapat pertama, bahwasanya (waktu ijabah tersebut) mulai dari duduknya imam hingga ditunaikannya sholat,

Sebagaimana dalam hadits Ibnu ’Umar bahwasanya Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

 هي ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة

Artinya : “(waktu ijabah tersebut) yaitu diantara duduknya imam sampai ditunaikannya sholat.” (HR Muslim).


Bersedekah Pada Sholat Jum’at Lebih Baik

Jika Kita beramal pada hari jum’at, Apalagi saat kita bersedekah pada sholat jum’at pahalanya sama seperti saat kita bersedekah pada bulan Ramadhan Tiba, Dimana bulan Ramadahan adalah bulan yang paling baik dari pada bulan – bulan yang lainnya.

Namun lakulanlah sedekah itu dengan ikhlas dan tulus untuk saudara kita yang sangat membutuhkannya, Dan sedekah bukan hanya dengan ungan atau barang saja, sedekah juga dapat dilakukan dengan senyumaan dan perbuatan baik yang kita lakulan pada orang lain.

Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Dan di dalam hadits Ka’ab (dikatakan),

والصدقة فيه  أعظم من الصدقة في سائر الأيام

Artinya : ”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.” (hadits mauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).


Terhapusnya Dosa – Dosa

Hari jum’at merupakan hari pengampunan, dan dimana dosa diantara dua Jum’at akan diampuni, dan juga bermanfaat saat kita melaksanakan Sholat Jum’at, berapa banyak dosa kita yang akan diampuni, dan berapa besar pahala yang kita dapat. Pasti kita tidak akan bisa menghitungnya.

Dari Salman beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

لا يغتسل  رجل يوم الجمعة ويتطهر ما استطاع من طهر ويدهن من دهنه أو يمس من طيب بيته ثم يخرج فلا يفرق بين اثنين ثم يصلي ما كتب له ثم ينصت إذا تكلم  الإمام إلا غفر له ما  بينه وبين الجمعة الأخرى

Artinya : ”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari).


Langkahnya Adalah Pahala

Saat seseorang menunaikan Sholat Jum’at dan dia berjalan saat menuju kemasjid maka setiap langkah kakinya adalah pahala yang setara dengan pahala puasa dan sholat dalam setahun.

Sebagaimana hadits Aus bin Aus radhiyallahu ’anhu beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

من غسل واغتسل يوم الجمعة وبكر وابتكر ودنا من الإمام فأنصت, كان له بكل خطوة يخطوها صيام سنة وقيامها وذلك على الله يسير

Artinya : ”Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jum’at, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk sholat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Alloh.” (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

(( ذَلِكَ فَضْلُ اللّهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُوْ الفَضْلِ العَظِيْمِ ))

Artinya : ”Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS al-Hadiid, 21)


Jahannam Mematikan Apinya

Pada hari – hari biasanya api neraka berkobar dan menyala – nyala kecuali pada hari jum’at, dan oleh karena itu banyak manusia khususnya orang muslim ingin meninggal pada hari yang mulia ini karena manusia yang meninggal pada hari jum’at akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua malaikan penjaga kubur, dan manusia muslim yang wafat pada hari jum’at insyaallah dia mati dalam keadaaan Khusnul Khotimah

Dan Dari Ibnu ’Amr radhiyallahu ’anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda,

ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله تعالى فتنة القبر

Artinya : “Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at, kecuali Alloh Ta’ala lindungi dari fitnah kubur.” (R Ahmad dan Turmudi, dishahihkan oleh al-Albani).

Dan itulah beberapa keistimewaan Sholat Jum’at yang ditulis dalam artikel ini, dan saran Mas Semut untuk para muslim yang masih saja meninggalkan Sholat jum’at untuk tidak meninggalkanya lagi karena begitu banyaknya pahala dan ampunan dosa yang diberikan Allah kepada kita, semoga anda dan pada admin Mas Semut tidak pernah lupa maupun malas untuk mengerjakan Sholat jum’at maupun ibadah yang lainnya. Amin.

Related Posts

Keistimewaan Sholat Jum'at
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

10 komentar

Tulis komentar
avatar
February 18, 2016 at 1:36 AM

memang bener gan sholat jum'at banyak pahala nya dan barokah nya
apa lagi SUNAT nya kita harus masuk pagi pagi gan
sebelum waktunya
karena itu yang di lakukan nabi kita dulu
dan juga lebih besar pahala nya.

Reply
avatar
February 18, 2016 at 1:46 AM

Gue kalo shalat jumat ke masjidnya pake kendaraan tuh sob, gimana tuh

Reply
avatar
February 18, 2016 at 1:55 AM

bermanfaat sekali gan, nice share (y)

Reply
avatar
February 18, 2016 at 2:39 AM

Itulah di antara kelebihan laki-laki daripada perempuan, keutamaan-keutamaan yang berhubungan dengan sholat Jumat.

Reply
avatar
February 18, 2016 at 2:43 AM

makasih gan infonya, ternyata kalau mau shalat jumat lebih baik jalan kaki, apalagi masjidnya jauh (y)

pengen tahu keunikan keunikan disekeliling kita
Hanya Di unik-ituindah.blogspot.com

Reply
avatar
February 18, 2016 at 2:55 AM

bermanfaat sekali gan, nambah ilmu :D

Reply
avatar
February 18, 2016 at 2:59 AM

Tidak ada yang tidak bermanfaat dari ajaran-Nya

Reply
avatar
February 18, 2016 at 4:16 AM

ane baru tau nih . sangat bermanfaat gan . lanjut terus manfaatnya *nice post*

Reply